Malang town's

Just another WordPress.com site

SESI IV. Manajemen Strategi INDOCAKTI / Strategi Fungsional

4 Comments

9. STRATEGI FUNGSIONAL

Strategi fungsional memiliki pengertian / definisi sebagai aktivitas jangka pendek dimana tiap unit fungsional dalam perusahaan berpartisipasi dalam implementasi strategi besar perusahaan.

Bisa dikatakan bahwa strategi fungsional menerjemahkan pemikiran strategi besar menjadi tindakan yang dirancang untuk mencapai sasaran jangka pendek yang spesifik.
Strategi fungsional adalah strategi yang lebih bersifat teknis yang merupakan rumusan arahan dan pedoman dan operasional. Startegi tersebut terdiri dari 6 jenis, yaitu:
1. Strategi produksi, strategi ini untuk menetapkan apa yang menjadi produk unggulan, produk kompetitif, produk baru, sesuai dengan kompetensi pokok yang dimiliki.
2. Strategi pemasaran, strategi ini untuk menetapkan pasar mana yang akan digarap, kondisi pasar yang bagaimana yang akan diinginkan, dan lain sebagainya.
3. Strategi promosi, strategi ini merupakan kelanjutan dari pemasaran dan produksi, dimana promosi apa yang dihendak diluncurkan, media apa yang akan digunakan untuk promosi dan sebagainya.
4. Strategi keuangan, dimana berkaitan dengan pendanaan serta ketersediaan dana baik untuk produksi, pemasaran dan bagian fungsional lainnya. Dari mana dana tersebut didapat dan bagaimana penggunaannya.
5. Strategi sumber daya manusia (SDM), merupakan strategi yang penting dan harus mencakup seluruh fungsi manajemen. Pemilihan SDM yang tepat dan berkompeten pada bidang yang tepat sangat lah diperlukan.
6. Startegi fungsional lainnya, ini berkaitan dengan pihak luar seperti suplier, konsultan, agen dan lain sebagainya dengan memperhatikan transparansi, kejujuran, dan keterbukaan.
Ada 3 karakteristik dasar yang mewmbedakan strategi fungsional dengan strategi besar yaitu :
1. Jangka waktu :
Mengidentifikasi aktivitas yang dilakukan saat sekarang atau jangka waktu yang tidak terlalu lama. Semakin pendek jangka waktu strategi fungsional , implementasinya semakin penting bagi strategi besar.
2. Spesifisitas :
Aktivitas lebih spesifik dibanding dengan strategi besar, Strategi besar memberikan arah yang lebih umum.
3. Pembuat strategi :
Banyak orang berpartisipasi dalam pembuatan strategi di tingkat fungsional dan bisnis. Strategi bisnis merupakan tanggung jawab general manager.
Manajer akan mendelegasikan pembuatan strategi fungsional kepada bawahannya yang menjalankan operasional . Manajer unit bisnis harus menetapkan tujuan jangka panjang dan strategi yang memungkinkan menajemen korporasi merasa berperan dalam tujuan pada tingkat korporasi.

10. PERUMUSAN STRATEGI

Menurut Fried R David menentukan strategi utama dengan melakukan 3 tahapan kerangka kerja yaitu :
1. input stage :
Terdiri dari 3 macam matriks yaitu :
• External Factor Evaluation ( EFE )
Membuat susunan peluang dan ancaman sekurang kurangnya 5 item. Carilah bobot mana yg paling menguntungkan untuk perusahaan.
• internal factor evaluation ( IFE )
Membuat susunan kekuatan dan kelemahan sekurang kurangnya 5 item. Carilah bobot mana yg paling menguntungkan untuk perusahaan.
• dan competitive profile.
Menganalisa pesaing terhadap perusahan seperti kekuatan keuangan perusahaan, Lokasi, maket share dll.
2. Macthing stage :
Berfokus pada kebangkitan trategi alternatif yang dapat dilaksanakan melalui penggabungan faktor ekternal dan internal yang utama. Teknik ini mencakup TOWS / SWOT, space matrik dan lain lain.
3. Decision stage
Dalam decision matrik ini dengan menggunakan QSPM ( quantitative Strategy Planning Matrik ).
QSPM merupakan alat yang direkomendasi oleh para ahli strategi untuk melakukan revaluasi pilihan strategi alternaif secara obyektif berdasarkan key succes factors internal dan ekternal yang telah diidentifikasikan sebelumnhya.

Komponen utama dari QSPM yaitu :
• Key success factors
• Strategy alternative
• Weights
• Attractiveness score
• Total attractiveness score
• Sum Total attractiveness score

11. IMPLEMENTASI STRATEGI

Perusahaan harus dapat mengimplementasikan strateginya secara efektif, bila hal ini tidak bisa dijalankan dengan baik maka akan berakibat dengan kegagalan secara keseluruhan.
Berbagai kemungkinan dalam formulasi dan implementasi strategi adalah :
1. Sukses : merupakan hal paling diinginkan perusahaan hal ini karena perusahaan mampu mengimplementasikan formulasi strategi.
2. Roulette : Strategi yang diformulasikan perusahaan sebenarnya kurang baik namun manajemen perusahaan mampu mengimplentasikan dengan berbagai penyesuaian.
3. Trouble : Situasi dimana formulasi strategi baik namun manajemen perusahaan tidak bisa mengimplementasikan dengan baik.
4. Failure : Dimana situasi formulasi trategi jelek dan implementasi juga sangat jelek dan hal ini sangat mengecewakan perusahaan.

Untuk analisa strategi yang baik menurut Carto dan Peter memberikan langkah langkah yaitu : Analisa perubahan dengan memperhatikan :
1. Analisa struktur organisasi
2. Analisa budaya perusahaan.
3. Analisa kepemimpinan.

Dari langkah tersebut pada akhirnya perlu implementasi dan evaluasi.
Analisis terhadap ada tidaknya perubahan yang terjadi pada perusahaan akibat adanya formulasi strategi dapat dibagi menjadi beberapa pola yang memiliki ciri ciri :
1. Tidak ada perubahan yang significan.
2. Perubahan rutin
3. Perubahan terbatas
4. Perubahan radikal
5. Perubahan pada industri baru.

Disamping perubahan tersebut maka yang perlu dianalisis karena kegagalan dalam perusahaan adalah struktur organisasi. Apakah struktur oganisasi yang ada saat ini benar benar meningkatkan atau merintangi implementasi strategi. Bagaimana wewenang dan tanggung jawab masing masing departemen. Harus dipahami mana yang dipilih jenis struktur organisasi, dimana jenis jenis struktur organisasi antara lain :
1. Struktur organisasi sedherhana.
2. Struktur organisasi Fungsional
3. Strukur organisasi divisional.
4. Struktur strrategi bisnis unit.
5. Struktur organisasi matrik.

Hal yang perlu diperhatikan dari berbagai struktur yang ada adalah budaya dalam perusahaan itu sendiri , dalam hal ini berkaitan dengan gaya kepemimpinan. Oleh karena itu dalam implementasi strategi langkah langkah yang dilakukan adalah :

1. Identifikasi sasaran tahunan.
2. Mengkomunikasikan kebijakan.
3. Mengembangkan srategi fungsional. Yang meliputi :
1. Strategi operasi / produksi
2. Strategi pemasaran.
3. Srtategi keuangan
4. Strategi manajemen sumber daya manusia.

12. STRATEGI & TAKTIK
Banyak orang bingung membedakan antara STRATEGI & TAKTIK. Perbedaan yang paling mudah antara keduanya a/ saat kita memutuskan APA yang seharusnya kita kerjakan, berarti kita telah memutuskan suatu STRATEGI.
Sedangkan apabila kita memutuskan BAGAIMANA u/ mengerjakan sesuatu, itulah yang disebut TAKTIK.
STRATEGI a/ mengerjakan sesuatu yang benar (DOING THE RIGHT THINGS )
Penentuan strategi harga yang efektif.
1. Sales force yang efisien & efektif
2. Iklan yang efeklif.
3. Kegiatan marketing promotion yang efisien & efektif
4. Pelayanan purna-jual yang efisien & efektif
5. Jalur distribusi yang efisien
13. RETRENCHMENT
Retrenchment strategies a/ strategi langkah mundur, karena ketidak mampuan manajemen dalam mengelola perusahaan. Strategi langkah mundur yang diinginkan perusahaan apabila:
1. Perusahaan melihat adanya keinginan atau keharusan u/ mengurangi jajaran produk/jasa, mengurangi pasar
2. Perbaikan kemampuan gunfsional peusahaan.
3. Semakin dilanda krisis pertimbangan langkah surut / mundur semakin dianjurkan.

Author: nurtjahja

private teacher regardless if undertaken with patience and perseverance, and faith is the key to success in any field

4 thoughts on “SESI IV. Manajemen Strategi INDOCAKTI / Strategi Fungsional

  1. pak,materinya sebelumnya ada dimana?ini sudah sampai poin 9,strategi 1-8 dimana pak?apa saya yg salah paham?trimakasih pak.
    melani.manajemen 2011

  2. pak …. maaf boleh minta referensi tentang materi diatas?
    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s