Malang town's

Just another WordPress.com site

Jenis dan Daur Hidup Produk pada Manajemen Operasional Sesi II

2 Comments

Jenis Jenis Produk
• Berdasar daya tahan
1. Barang tahan lama ( Perlengkapa rumah tangga, mebel, TV dll)
2. Barang tidak tahan lama ( Sabun, Minyak wangi dll)
3. Jasa.Produk tdk berwujud , berorientasi pada pelayanan.

• Berdasar tujuan pembelian.
1. Barang Konsumsi ( Kebutuhan pokok, kebutuhan pelengkap, barang mewah )
2. Barang Industri ( Bahan dasar dan suku cadang, perlengkapan pabrik )

Astribut dan Konsep produk
Astribut merupakan aspek yg dimiliki produk untuk disenangi konsumen,

Astribut Produk terdiri dari 2 hal :
1. Astribut teknis.
Merupakan daya guna dari produk. ( Mobil mercy dan BMW )
2. Astribut emosional.
Merupakan astribut untuk mendukung konsumen akan manfaat emosional mereka. Astribut ini bisa daya beda dan daya tarik bagi konsumen.
Untuk menarik konsumen hendaknya produk diciptakan dg unsur daya guna, daya tarik dan daya beda.

Hal yg mempengaruhi asribut non teknis adalah :
• Desain produk
• Kemasan yg menarik
• Merk, keuntungan menggunakan merk.
1. Memudahkan memproses pesanan
2. Mendapat perlindungan
3. Membantu stabilitas harga
4. Memudahkan pembeli mengenal produk, dll

Konsep produk merupakan hubungan keterkaitan antara suatu produk dengan segmen tertentu.
Tidak semua produk memiliki semua segmen pasar. Ada produk untuk segmen atas, menengah ataupun bawah.

Analisis Posisi Produk
• Perlu mengetahui posisi produk dibanding dg astribut pesaing
• Perlu mengetahui astribut produk yg dominan
Contoh : Coca Cola, 7-up, pepsi berbeda segmen dg orange juiece atau lemon tea dll.

Daur Hidup Produk
• Tahap perkenalan
o Penyampaian informasi harus intensif karena produk baru
o Mendorong konsumen untuk mencoba produk baru
• Tahap pertumbuhan
o Para pembeli melakukan pembelian ulang
o Harga teap atau naik
o Penyempurnaan mutu atau model
• Tahap kedewasaan ( tingkat kejenuhan )
o Perlu modifikasi produk
o Perlu modifikasi marketing mix ( 4 p = produk, promosi, place dan price ).

• Tahap Penurunan ( konsumen tdk lagi menyenangi produk ) penyebabnya : selera konsumen berubah, ketatnya persaingan dll.

Pengembangan Produk Baru
Pencipakan produk baru meliputi 3 hal yaitu :
1. Penciptakan produk yg benar benar baru, hal ini akan memiliki resiko besar.
2. Perubahan desain
3. Perubahan pada pembungkusan
Contoh : Mobil sedan honda Civic berubah ke honda civic wonder, berubah lagi ke Honda Grand civic dan berubah lagi ke Honda civic genio.

Langkah langkah Pokok Pengembangan Produk Baru.
1. Penciptaan ide atau gagasan
2. Penyariangan gagasan
3. Pengembangan konsep
4. Pengujian konsep
5. Pengembangan strategi pemasaran
6. Analisis bisnis
7. Pengembangan prototipe
8. Pengujian pasar
Dalam pengujian pasar ini berarti berhubungan dengan nilai komersial dari pada produk. Hal yg perlu diperhatikan dalam hal ini adalah :
• Kapan produk diluncurkan
• Adanya penentuan tempat peluncuran produk
• Perlu adanya penentuan calon konsumen

PROYEKSI KEBUTUHAN
Memproyeksi kebutuhan produk dimasa yg akan datang merupakan hal yg harus dikerjakan hal ini agar produk yg ada tidak oversuply. Kebutuhan sifatnya akan selalu dinamis atau berubah oleh karena itu perusahaan harus jeli.
Kebutuhan memiliki 2 hal
1. Kebutuhan individu
2. Kebutuhan kelompok / lembaga.

Sumber data untuk proyeksi
1. Pendapat konsumen, bisa menggunakan pertanyaan maka pertanyaan harus mudah dicerna.
2. Pendapat dari pelanggan.
3. Catatan dan pendapat dari distributor.
4. Catatan penjualan perusahaan sendiri.

Kondisi Masa depan.
Untuk meramalkan kondisi di masa depan ada 3 cara yaitu :
• Menggunakan proyeksi sederhana yaitu Linier progresión : dari masa lampau dan masa datang tanpa mempertimbangkan akibat dari perubahan.
• Memperhatikan adanya perubahan yg dilakukan oleh generasi yg dulu dan generasi yg sekarang serta tantangannya seperi meramalkan apa yg dikerjakan para consumen dalam waktu 20 tahun lai dll.
• Dengan memperhatikan kejadian kejadian yg terjadi seperti bencana alam. Dengan memperhaikan peristiwa tsb maka terdapat 3 macam keadaan :
1. Ketidakpastian.
2. Resiko yang dihadapi
3. Kepastian.

Author: nurtjahja

private teacher regardless if undertaken with patience and perseverance, and faith is the key to success in any field

2 thoughts on “Jenis dan Daur Hidup Produk pada Manajemen Operasional Sesi II

  1. Blog-nya bagus Pak🙂
    kunjungan perdana nih, ditunggu kunjunganbaliknya yah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s