Malang town's

Just another WordPress.com site

Pengetahuan dasar Manajemen Operasi dalam materi kuliah sesi I

2 Comments

Literatur :
a. Lee J. Krajewski & Larry P.Ritzman. 2005 Operations Management, Proceses And Value Chains – Seventh Edition
1. PENGERTIAN
Manajemen operasi / manajemen operasional / manajemen produksi merupakan pengaturan penggunaan sumber sumber / factor produksi yang ada berjalan sesuai rencana dengan efektif dan efisien.
Atau MANAJEMEN OPERASI ADALAH BAGAIMANA MANAJEMEN TERSEBUT BERJALAN DENGAN EFISIEN DAN EFEKTIF DALAM PROSES-PROSESNYA.
• Akunting : yang mempersiapkan informasi akunting biaya dan finansial yang membantu para Manajer dalam merancang dan mengoperasikan proses-proses.
• Finansial: yang mengatur aliran dana/uang dan kebutuhan investasi modal yang diciptakan oleh proses-proses perusahaan.
• Sumber Daya Manusia: yang mempekerjakan dan melatih karyawan untuk memenuhi kebutuhan proses, keputusan-keputusan lokasi, dan level-level proses yang direncanakan.
• Sistem Informasi Manajemen: yang mengembangkan sistem informasi dan sistem dukungan keputusan untuk proses-proses perusahaan.

• Marketing: yang membantu menciptakan permintaan (demand) yang harus dipuaskan oleh operasional dalam menghubungkan permintaan pelanggan dengan rencana-rencana produksi, dan mempertahankan fungsi operasi yang difokuskan pada pemuasan kebutuhan pelanggan.
• Operasi-operasi: yang merancang dan mengoperasikan proses-proses yang merubah input menjadi layanan-jasa atau produk untuk memberikan keunggulan kompetitif perusahaan yang dapat dipertahankan.
Efektif berarti dg sumber yg ada dpt diperoleh hasil yg sebesar besarnya / out put bertambah besar yg berari produktivitas meningkat.
Efisien berarti proses produksi telah berjalan dg biaya rendah , diselesaikan dengan tepat waktu.
Organisasi Bisnis akan memiliki 4 bagian :
• Bagian Pemasaran : bisa dianggap Pencetak darah bagi manusia
• Bagian Keuangan : Pembagi darah, harus tahu unsur 5 C
• Bagian akuntansi : Mencatat semua kejadian yg ada.
• Bagian produksi : Penghasil produk.
Jelaskan apa tugas Manager operasional

Dalam menghubungkan antara produsen dan konsumen maka perusahaan harus memperhatikan 4 hal :
• Tepat Mutu
• Tepat Jumlah
• Tepat dlm pemakaian biaya
• Tepat waktu.

Produk yg diharapkan Konsumen adalah yg memiliki nilai / Value dan dari nilai tsb diharapkan ada manfaatnya / benefit. Konsumen akan merasakan produk itu menguntungkan apa tidak karena adanya manfaat.

NILAI = BENEFIT / COST

Nilai / keuntungan yg diharapkan oleh konsumen terdiri dari 2 hal :
1. Keuntungan karena emosi
2. Keuntungan karena fungsi
Sedangkan biaya yang dipikirkan konsumen adalah :
1. Biaya uang ( harga yg harus dibayar
2. Korban waktu
3. Biaya energy ( Listrik, bensin, bahan bakar dll )
4. Biaya yg berhubungan dg physik.

Sistem Nilai Konsumen
Hal hal yg mempengaruhi konsumen dlm membeli produk yg dikenal dg istilah nilai konsumen meliputi :
1. Kepribadian konsumen
2. Teman dekat
3. Kelompok panutan
4. Sosial budaya.

Sedangkan untuk konsumen industri hal yg dipertimbangkan adalah :
1. Harga pokok produksi
2. Harga pokok penjualan
3. Harga jual
4. Kelancaran proses
5. Pasokan bahan baku.

Sistem Nilai Produsen.
Sistem nilai produsen akan ditentukan oleh :
1. Manajemen
2. Bagian personalia
3. Bagian teknik
4. Bagian akuntansi
5. Bagian pengadaan bahan
6. Bag. Produksi
7. Bag. Pemasaran dll.
8. Termasuk Harga pokok produksi dll.

Konsep Manajemen
1. Berorientasi pada perusahaan
2. Berorientasi pada pelanggan
3. Berorientasi pada persaingan

Tolok ukur manajemen
1. Penghasilan meningkat
2. Pertumbuhan ada
3. Keunggulan posisi persaingan
4. Citra bisnis
5. Etika bisnis

Fungsi Perencanaan dan pengendalian operasi
1. Peramalan
2. Perencanaan
• Letak pabrik, luas pabrik, bentuk pabrik, lingkungan kerja.
• Metode kerja, alat alat bantu, jenis jumlah bahan digunakan dll
• Desain produksi, pengendalian biaya, pengendalaian mutu.
3. Pengawasan.

Manfaat Perencanaan dan pengendalian
1. Harga barang lebih murah
2. Mutu barang bisa bersaing
3. Keselamatan kerja meningkat
4. ’Peningkatan kesejahteraan.

Ketrampilan Manajerial
1. Mengatur : Perencanaan, organisasi, Koordinasi
2. Memimpin ( leadership ) : Mendalami konsep aturan, memotivasi, memerintah dll .

2. PROSES PERENCANAAN PRODUKSI DAN OPERASI.
Perencanaan merupakan formulasi penetapan suatu tujuan, dan hal ini akan mempermudah dalam bekerja.

Langkah dalam perencanaan produksi dan operasi.
• Menentukan tujuan yg akan dicapai , jelas, mungkin dicapai, tidak ringan dll.
• Menentukan faktor faktor yg mendukung
• Merumuskan kegiatan yg akan dijalankan.

Proses perencanaan produksi : merupakan suatu proses bagaimana program produksi dijalankan, oleh karena itu proses perencanaan produksi meliputi semua aspek produksi secara keseluruhan. Dalam hal ini ada tiga macam pendekatan :

• Pendekatan perkembangan yg menguntungkan.
Menganalisis semua kebutuhan sarana produksi dg kebutuhan yg ada serta berhubungan dengan lingkungan.masyarakat.
Adapun ciri ciri perusahaan yg mengalami gangguan dimana sarana produksinya berada lebih berat dari pada lingkungan masyarakat adalah :
o Persediaan barang menumpuk
o Banyak mesin menganggur
o Pasar sepi
o Karyawan lesu.
• Pendekatan SWOT ( Strength, weaknesses, opportunity, treath )
o Perlu adanya Visi dan Misi.
• Pendekatan system
Pendekatan antara input dg proses yg menghasilkan out put
• Pendekatan kesenjangan perencanaan
Perencanaan Tradisional ( Nasib ) dan perencanaan generasi kedua ( modern )

Dengan perencanaan yg modern maka tidak bisa dihindarkan dengan teknologi tinggi, krn dg teknologi yg tinggi semua lebih cepat, lebih mudah, lebih murah dll.
Disamping hal tsb dlm produk hendaknya juga diberi sentuhan budaya agar produk lebih indah, lebih menarik, lebih menghibur dll.:

3. PERENCANAAN PRODUK.
Produk merupakan sesuatu yg dapat memenuhi kebutuhan manusia. Produk bisa mencakup benda fisik, prestise, tempat, organisasi, ide dll.
3 aspek yg perlu diperhatikan agar memudahkan dlm mempelajari strategi produk adalah :
• Produk Inti ( Bollpoint kemampuan untuk alat tulis dll )
• Produk yg diperluas ( Mobil kijang didalamnya ditambahi AC.dll )
• Produk Formal ( perwujudan dari produk inti dan produk yg diperluas.)
Produk ini membawa daya tarik tersendiri terhadap pembeli, dlm kaitan ini ada 5 komponen dlm produk formal : desain, daya tahan, daya tarik, pengemasan dan merek.

Author: nurtjahja

private teacher regardless if undertaken with patience and perseverance, and faith is the key to success in any field

2 thoughts on “Pengetahuan dasar Manajemen Operasi dalam materi kuliah sesi I

  1. sangat mmembantu… thank U….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s