Malang town's

Just another WordPress.com site

Penerapan prinsip penjualan dalam menjual diri sendiri untuk meraih sukses dalam segala bidang

Leave a comment

Di Masyarakat Seringkali kita temui beberapa orang yang mengeluh bahwa ekonomi saat ini mengalami krisis sehingga dia di PHK dari tempat kerja, banyak kalangan anak muda yang kesulitan mencari kerja, bahkan ada yang telah lama lulus sarjana dan bertahun tahun juga belum memperoleh pekerjaan. Namun demikian banyak juga orang yang masih tetap eksis dengan usahanya berkembang dan terus berkembang.

 

Orang orang yang belum berhasil dan sering mengeluh dan cenderung menyalahkan pihak lain adalah orang yang tidak menyadari bahwa kesalahan ada pada dirinya sendiri. Semestinya mereka introspeksi diri mengapa saya gagal. Mengapa saya belum sukses dan mengapa mereka tetap berhasil dan berkembang ?.

 

Orang orang yang belum beruntung akan suatu kesuksesan biasanya salah dalam menjual diri. Kita harus ingat bahwa diri kita sudah diajari menjual dari sejak lahir namun hal ini kurang disadarinya. Orang orang yang berhasil sukses karena mereka tepat dalam menjual diri dan setiap harus terus menjual.

 

Mengapa harus menjual ?, Dan apa itu menjual ? Pertanyaan pertanyaan tersebut sering terlintas dalam pikiran kita. Dan itu adalah tanda tanya yang masih perlu mendapat jawaban, Begitu juga banyak buku buku tentang menjual namun belum lengkap,dan jelas mengenai ruang lingkup penjualan, apalagi masih banyak penjelasan yang masih terbatas dan banyak multi tafsir antara buku yang satu dengan yang lainnya. Belum banyak buku buku yang mengupas istilah menjual atau penjualan secara blak blakan. Dibalik kata kata menjual sampai sekarang masih banyak teka teki yang belum terpecahkan. Menjual masih misterius, bayangkan saja sebenarnya menjual itu mudah banyak orang kaya karena menjual, menjual dapat dijadikan profesi caranya bermacam macam, namun masih banyak yang takut menjual, bahkan alergi dengan kata kata menjual

 

Menjual itu sebenarnya adalah kegiatan atau pekerjaan yang sangat mudah kalau tidak percaya boleh dibuktikan. Banyak orang dapat menjual apa saja padahal mereka tidak pernah duduk di bangku sekolah. Lihat dipasar pasar, pedagang kaki lima, penjual buah buahan, penjual makanan, pedagang keliling, penjual asongan, penjual barang bekas mereka banyak bukan dari latar belakang pendidikan yang tinggi apalagi ahli dalam ilmu marketing, sarjana atau S2. Mereka kebanyakan drop out sekolah, atau tidak sempat sama sekali duduk di bangku sekolah. Siapapun bisa menjual karena menjual itu mudah. Yang sulit adalah membeli.

Banyak yang merasa malu mendengar kata menjual serta menjadikan menjual sebagai profesi, mereka menganggap remeh pekerjaan menjual. Mereka menganggap hina bila memiliki pekerjaan sebagai penjual. Dikira menjual itu sama dengan mengemis, minta minta supaya dikasihi. Hal tersebut adalah salah besar. Tidak sama sekali. Menjual adalah profesi yang mulia, tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan profesi lain seperti dokter, pengacara dan lain lain.

Kalau dikaji lebih lanjut pekerjaan menjual itu dapat memberikan kesenangan bagi orang lain. Bayangkan bagaimana seseorang akan bisa memenuhi kebutuhan sehari hari bila mana tidak ada orang yang menjual barang yang dibutuhkannya.

Banyak orang menjadi kaya karena menjual. Seharusnya menjadi pegawai atau karyawan dibagian back office tidak akan pernah kaya, kecuali kaya karena mendapat warisan dari orang tuannya. Mengingat gaji pegawai yang terbatas, dan hanya cukup untuk keperluan makan. Memang ada kenaikan gaji namun demikian kenaikan tersebut diikuti dengan bertambahnya kebutuhan apa lagi jika jabatannya naik dari yang biasanya makan ditraktir akhirnya makan harus mentraktir.

Menurut majalah Warta Ekonomi edisi Februari 2000, Tantowi yahya seorang pembawa acara di TV Swasta nasional yang saat ini menjadi anggota DPR pusat tahun 2009 – 2014, termasuk yang mendapatkan kekayaan melalui profesinya dalam menjual diri sebagai pembawa acara atau master ceremony. Tantowi Yahya menjual kemampuannya, merencanakannya, memimpin, membawa dan mengendalikan acara, sehingga berjalan dengan lancar menarik lagi menyenangkan pemirsa. Begitu juga Ir. Alex I.W, sebagai distributor MLM. Pada dasarnya ia menjual produk MLM, dan ternyata menjadi kaya.

 

Seorang pengamat MLM dan sekaligus sebagai penulis produktif tentang MLM, Andrias Harefa dalam bukunya Pesona Bisnis Direct Selling dan MLM, boleh jadi ada distributor MLM, yang berpenghasilan Rp. 7 juta per hari. Banyangkan, setiap hari bertambah rekening banknya sebesar Rp. 7 juta.

 

Contoh yang berhasil menjual dengan sukses tokoh dari luar negeri, seperti Bill Gates, sebagai salah satu orang terkaya di dunia, seorang yang drop out dari perguruan tinggi di Amerika, Dia menjual perangkat lunak computer yang sukses hingga saat ini. Sedangkan tokohj tua adalah Colonel Harland Sanders, yaitu penjual ayam gorieng. Sanders itu baru kaya ketika berumur 65 tahun, yaitu setelah 10 tahun jatuh bangun sejak mulai menggeluti ayam goreng pada usia 55 tahun. Sekarang siapa yang tidak kenal dengan tokoh tersebut yang punya jenggot kas itu. Yaitu pendiri toserba wallmart yang terkenal didunia dan salah satu pria terkaya di dunia, yang juga berhasil karena berjualan.

 

Dengan demikian kita harus mulai memahami arti menjual, pentingnya menjual, dan kita tidak boleh menjauh atau menghindar dari kegiatan menjual.

 

Seperti kita sendiri juga perlu menjual diri kita agar semua orang yang berhadapan atau bertemu dengan kita maka, mereka merasa senang, merasa ada perhatian, ada rasa kangen, dimana suatu saat akan menginginkan kembali untuk bertemu yang pada akhirnya bilamana memerlukan tanaga atau menjadi karyawan maka kita akan dihubungi.

 

Namun demikian dalam menjual diri banyak factor yang mempengaruhinya baik pengaruh negative maupun pengaruh positif hal ini tergantung dari kita sendiri dalam menata pergaulan, dan pergaulan bisa diibaratkan sebagai bagian dari penjualan.

Penjualan adalah bagian dari marketing, Dimana saat ini segala sesuatu yang dijalankan tidak akan lepas dari kegiatan menjual. Baik itu usaha jasa , usaha dagang maupun usaha manufaktur. Namun demikian banyak yang tidak menyadari bahwa diri kita sendiri sebagai bagian dari jasa yang perlu juga dijual.

Sebenarnya semua manusia melakukan kegiatan pemasaran, namun hal ini tidak disadari. Kapan kita melakukan kegiatan pemasaran ?. Manusia melakukan kegiatan pemasaran sejak lahir yaitu dengan bukti pada saat bayi mengenakan pakaian, menggunakan bedak, mandi pagi sore, sebelum menggunakan bedak, diberi minyak telon agar tidak masuk angin. Maksud semua itu adalah agar setiap orang yang melihat bayi tersebut merasa senang dan penuh perhatian sehingga siapapun yang melihat akan tertarik dan berusaha untuk menggendongnya. Hal tersebut sama dengan memasarkan produk dimana pelanggan diberi informasi keunggulan produk, produk dibungkus dengan warna yang menarik, pelanggan diperlihatkan contoh produk, dan lain lain.

Menjual merupakan suatu seni membujuk / merayu, seni negosiasi, seni menawarkan barang agar pembeli membeli produk yang kita tawarkan.

Kita sebagai manusia juga harus ahli dalam menawarkan diri kita sendiri, kepada setiap orang yang membutuhkan agar kita selalu memperoleh perhatian dan memiliki peluang dan sukses apa yang menjadi keinginan kita.

Seorang penjual mobil unggulan dunia dari Pabrik mobil Chevrolet di Amerika Serikat dan telah masuk Guinnes Book of World Record pernah berkata “ Mereka tidak membeli mobil Chevrolets, Mereka membeli saya, Semakin anda bisa meyakinkan pelanggan seberapa hebat anda akan bekerja sama dengan mereka, semakin kecil mereka membuat keadaan bahwa mereka menghadiahi anda dengan memberi anda pesanan “.

Disini kelihatan bahwa setiap penjual secara tidak langsung disamping menjual produk yang kita tawarkan juga menjual diri kita sendiri, sehingga apapun produk anda dan anda bisa meyakinkan pelanggan maka pelanggan akan mencari anda kemanapun anda pergi.

Agar orang lain selalu tertarik kepada kita maka kita harus mulai membangun charisma diri kita sendiri

Mengembangkan charisma agar orang lain menyukai anda.

Kharisma merupakan suatu kualitas kemampuan yang langka dimana aura orang tersebut bisa membuat orang lain menyukainya sekalipun mereka tidak tahu sebelumnya. Kharisma terbentuk dari kekuasaan ia mempengaruhi perilaku orang seperti layaknya menghormati hukum atau tradisi. Jika anda sulit memahami charisma pikirkan saja kebalikannya. Dengan siapa orang yang paling tidak anda inginkan untuk hidup bersama.

Cara untuk menciptakan sebuah charisma menajubkan adalah.

  1. Buatlah setiap orang yang anda temui merasa special
  2. Kembangkan jabat tangan yang indah.
  3. Perhatikan warna mata pembeli saat berjabat tangan.
  4. Pada saat berjabat tangan tekankan senantiasa berpikir positif.
  5. Berikan pujian yang tulus
  6. Kenali orang melakukan sesuatu dengan benar.
  7. Penampilan / berpakaian yang rapi dan sesuaikan dengan tubuh anda.
  8. Senyumlah 2 detik lebih lama dari yang mereka lakukan.
  9. Bekerja dengan simpati bukan empaty

Dengan memahami untuk membangun charisma maka akan disadari bahwa kita akan termotivasi untuk melangkah lebih baik dari sebelumnya dan menyadari bahwa kita bisa menjual diri kita sendiri.

Hindari hal hal yang Negatif

Sikap negatif yang amat menghambat keberhasilan ini semuanya berakar dari sikap mental kita . Yang dapat menyakitkan orang lain adalah apa yang kita katakan hal hal negative ini adalah terus mengkritik , mempermasalahkan dan mengeluh. Kritik membangun tentu saja diperlukan bagi pertumbuhan seseorang tetapi kritik yang kontroktif itu jarang sekali. Kritik biasanya destruktif : merusak, mudah sekali kita dapat menemukan kesalahan dalam karya orang lain. Orang sangat bodohpun masih bisa menemukan kesalahan itu.

Perkataan orang itulah yang dapat menyakitkan, ingat, yang negative itu selalu lebih kuat dari yang positif . suatu hari seorang mengatakan kepada anda : anda benar benar yang baik tetapi anda tidak akan pernah sukses.

Perkataan mana yang akan anda ingat yang negative atau yang positif ?. Anda dapat saja memperoleh seratus pujian tetapi hanya negated yang anda ingat.

Hukum penyesuaian diri menyatakan : sebagai manusia kita biasanya menyesuaikan diri dengan lingkungan atau lingkungan yang kita hadapi. Pada pembahasan tentang membangun kepercayaan diri kalau anda bekerja pada suatu lingkungan kantor yang positif antusias dan bermotivasi tinggi bagaimanapun keadaan anda sebelumnya anda akan menyesuaikan dengan lingkungan kerja yang bagus ini,

Namun sebaliknya kalau lingkungan kerja penuh dengan keburukan, saling menyalahkan dan semua merasa benar, penuh dengan politik dan umunya negative kendati kuat macam apapun kepribadian anda sepositif apapun sikap anda, anda akan menyesuaikan diri dengan hal itu dan tentu saja sudah pasti akan menghancurkan peluang sukses anda.

Sebagai bahan perbandingan untuk lebih menyadari sekaligus untuk penyegaran mari kita perhatikan daftar karakteristik orang. Dengan membagi dua kelompok. Yaitu 95 % dan kelompok 5 % :

Kelompok 95 % Kelompok 5 %

Mereka negative Kelompok Positif

Mereka patut dikasihani Mereka antusias

Mereka cemas Mereka tersenyum

Mereka tidak punya tujuan Mereka punya tujuan tertulis

Mereka tidak berencana Punya rencana tertulis

Mereka takut gagal Mereka percaya diri

Pemikiran sempit Pikiran luas

Mereka bermasalah Mereka mengatasi masalah

Mempermasalahkan orang lain Mereka mawas diri

Mereka menipu diri sendiri jujur mengakui kelemahan

Menghancurkan impian orang lain membangunimpianoranglain

Dengan perbandingan tersebut diatas hendaknya anda memilih kelompok yang 5 % dan itu mutlak dan harus, sehingga kedepan anda akan sukses.

Namun demikian dalam kehidupan kita sehari hari sering kita menemukan orang orang yang selalu berpikir negative.

Sebagai seorang yang professional semestinya mewasdahi sikap anda, dan menyadari sikap itu sebagai senjata anda yang utama. Jangan pernah memperbolehkan orang lain untuk mengotori pikiran anda. Padahal satu orang bersikap demikian itu sudah cukup untuk merusak satu kelompok. karena nila setitik rusak susu sebelanga. Maka dalam menghadapi dan kemudian menghindarkan diri dari orang lain yang negative adalah mengenali kaum negative itu sendiri. Kaum negative biasanya memiliki pola piker mereka mengkritik, mereka mencerca, mereka mencari cari kesalaha, mereka mengatakan itu tidak akan jalan atau tidak mungkin, mereka selalu melihat yang terburuk, mereka tidak mempunyai tujuan, tidak punya arah mereka selalu mempermasalahkan setiap orang karena mereka sendiri tidak bermasalah, mereka tidak mempunyai sesuatu yang diharapkan, roman muka mereka muram terus dengan kehidupan , dengan orang dan dengan diri sendiri sikap mereka pahit.

Orang yang negative akan terus mencari yang negative : kegagalan orang lain, cerita pemerkosaaan penceraian, kecelakaan dan kebangkrutan . mereka tidak menyadari akibat buruk apa yang dapat timbul dari tindakannya padahal sudah terbukti berkali kali bahwa orang yang bersikap positif lebih jarang sakit dari pada orang yang bersikap negative.

Tujuh gagasan untuk dikembangkan :

  1. Kembangkan pemahaman anda sendiri mengenai apa yang sungguh sungguh negative namun ingatlah kritik konstruktif bukan hal yang negative.
  2. Coba renungkan kembali pembicaraan anda dengan orang lain apakah anda bersikap negative ?
  3. Periksalah pikiran anda dan jalan pikiran anda, ingat kalau anda berfikir secara negative maka yang rugi adalah anda sendiri maka hilangkan pikiran pikiran ini buang jauh jauh. anda mampu untuk itu. Pikiran anda akan tanggap kalau anda cukup kuat untuk membuang pikiran yang negative.
  4. Kebalkan diri anda dari hal hal negative dari orang lain, anda dapat melakukan hal ini dengan terus menerus mengenali makna kritik yang negative sehingga bisa membedakan mana pembicaraan yang betul.
  5. Setiap kali periksalah keadaan diri anda, kalau anda bertanya berada didalam lingkungan yang keliru bicaralah dengan orang yang positif tinggalkan perusahaan itu dan bergabunglah dengan orang orang yang memiliki gagasan positif dan kontruktif. Bergabunglah dengan orang yang membuat anda lebih berhasil
  6. Kalau sikap negative orang lain sudah merasuki diri anda katakan pada diri anda sendiri mengapa ia mengatakan hal itu, anda harus selalu ingat tidak ada orang positif yang tidak dapat memetik hikmah dari pandangan orang lain.
  7. Kalau ada orang yang mengutarakan sesuatu yang sungguh sungguh negative jangan ditanggapi serius tanggapilah secara jenaka.

Memiliki Keyakinan Berhasil

Bila anda menginginkan suatu keberhasilan dalam menjual diri anda maka anda perlu bermimpi. Orang orang yang berhasil sekarang adalah orang yang mempunyai impian, mempunyai cita cita, ia punya punya cita cita untuk mendapatkan penghasilan sekian ratus ribu, sekian juta, ia ingin punya sepeda motor punya rumah atau bahkan mobil. Ia yakin berhasil memcapai cita citanya . tanpa cita cita tersebut, maka sulit untuk berkembang seperti tukang becak, mereka setelah memperoleh uang dan cukup untuk belanja dirumah maka mereka akan pulang dan kadang sudah merasa senang, yang akhirnya hanya menhabiskan waktu dengan nongkrong dibecak dengan teman temannya sehingga mereka tidak akan mendapat uang lebih banyak lagi.

Bermimpi itu penting bila ingin benar benar ingin menjadi orang kaya, oleh karena itu setiap hari harus bekerja tanpa kenal rasa lelah, bekerja bukan sekedar untuk makan hari ini. Meskipun sudah cukup untuk makan hari ini, tidak harus berhenti, harus mencari lagi untuk menambah tabungannya kalau perlu malam atau hujan tidak ada yang dapat menghalangi. Kalau sudah punya rencana untuk menjual, apapun resikonya akan di hadapi. Jika hal ini bisa diterapkan maka keberhasilan sudah ada didepan mata.

Pelihara cita cita supaya tetap dengan komitment yang sudah ada, cetuskan dan pelihara terus cita cita tersebut. Dengan terpeliharanya cita cita komitment akan tetap berkumandang dalam diri kita, jangan sekali kali melupakan cita cita tanpa cita cita tidak akan ada semangat bekerja. Semangat menimbulkan keyakinan, tidak ada keberhasil tanpa keyakinan oleh karena itu yakinlah untuk berhasil maka pasti akan berhasil.

Berbeda dengan menghayal, menghayal, berkeinginan menjadi orang kaya tetapi tidak bertindak. Berkhayal berarti hanya duduk termenung senang melamun, senangnya bila menjadi namun karena tidak ada tindakan maka keadaan tetap tidak berubah.

Bila mempunyai mimpi menjadi orang kaya dengan melakukan sesuatu kegiatan untuk berhasil salah satunya adalah dengan cara menjual.

Buatlah kesan pertama

Penilaian orang terjadi secara otomatis pada saat bertemu pertama kali, pertemuan pertama itu akan memberi kesan yang membekas. Buatalah kesan pertama yang menyenangkan, yang banyak diingat oleh seseorang adalah kesan pertama ia bertemu dengan anda. Seperti peluncuran produk sebuah perusahaan dalam meluncurkan produk di masyarakat maka perusahaan akan berfikir bagaimana caranya masyarakat atau pelanggan akan terus mengingat produknya. Perusahaan akan selalu membuat bungkus produk yang menarik, memikat dengan menciptakan image yang baik. Seperti pencuci pakaian buatan Unilever.yaitu Rinso. Mereka pada awal peluncurannya memiliki slogan membersihkan paling bersih sehingga sampai sekarangpun pelanggan menganggap bahwa pencuci pakaian paling bersih adalah rinso. Banyak orang yang masih ingat bertahun tahun pertemuan pertama dengan kekasihnya, karena kesan pertama yang menarik oleh karena itu, buat kesan pertama yang menyenangkan. Ada seseorang yang dikenal baik, ramah rendah hati, suka menolong murah senyum dikatakan sebagai orang yang sombong namun setelah diselidiki ternyata pada waktu mereka pertama kali bertemu ternyata sedang banyak masalah yang sulit untuk dipecahkan dan kondisi badanya tidak prima ada sakit yang dirasakannya..

Sekali kesan pertama gagal, harus diperbaiki dengan membuat setidak tidaknya sepuluh kali kesan yang baik meskipun. Walaun bukan hasil penelitian statistic, tetapi pengamatan beberapa orang menujukkan demikian. Pertama sekali terkesan angkuh selanjutnya harus dibuktikan dengan berbuat ramah sekali, berbuat ramah belum dapat menghilangkan kesan pertama dulu, kedua kali berbuat ramah namun prospek masih ingat dengan kesan pertamanya. Ketiga kali, keempat kali dan selanjutnya menujukkan keramahan masih belum dapat menghilangkan kesan pertama yang sudah tergores. Prospek baru mengikis kesannya sedikit demi sedikit selanjutnya untuk kelima keenam dan seterusnya baru untuk kesepuluh kali, orang lupa bahwa anda angkuh. Atau sombong.

Sejak lahir orang akan dinilai pada pertemuan pertama bagaimana ia berpenampilan berpakaian oleh karena itu berpakaianlah sesuai dengan situasi, tidak selamanya seorang penjual itu berpakaian rapi resmi dan lengkap, berpakaianlah sesuai dengan situasi ke pantai, ke gunung piknik atau berwisata dapat menggunakan pakaian santai, kepertemuan pertemuan, keagamaan dapat disesuaikan dengan pakaian keagamaan. bayangkan saja pakaian sepak bola untuk berenang meskipun sepakbola dan renang sama sama olahraga.

Seorang yang berpakaian seadanya, padahal ia mampu membeli pakaian yang bagus dan mahal ia adalah orang yang sederhana.

Seorang pelaku bisnis mau tidak mau harus memiliki penampilan pelaku bisnis. Karena hal inilah yang pertama kali dijual. Ingat penampilan adalah hal pertama yang perlu dijual. Penampilan ini akan memberikan gambaran siapa sebenarnya anda, .Sebelum membeli produk maka calon pembeli pasti akan melihat kesan pertama dan akan melihat pakaian anda. Tidak perlu pakaian mahal yang penting pantas dan serasi, banyak yang salah anggapan, bahwa pakaian yang baik itu harus mewah dan mahal.

Cara memperbaiki potensi diri

Pada umumnya orang yang paling berhasil dalam hidupnya adalah orang orang yang banyak teman dan kenalan. William Batalaia seorang pimpinan biro jasa penyedia manajer yang membawa keuntungan bagi orang orang dalam bentuk tawaran tawaran pekerjaan yang menguntungkan, telah menganalisa rantai rantai keadaan yang telah membantunya dalam memenangkan posisi calon calon pekerja mayoritas rantai rantai tersebut ternyata hanya berkisar pada persahabatan.

Orang yang beruntung kata Batalia adalah orang orang yang suka berteman. Orang orang ini selalu bersikap ramah tamah kemanapun mereka melangkahkan kaki. Dimana pun mereka berada mereka selalu menyapa dan bahkan mengobrol dengan orang orang disekeliling mereka yang belum mereka kenal mereka adalah orang orang yang suka berkumpul bertemu dengan sesamanya dan memberikan salam kepada sesamanya. Bilamana mereka duduk disamping seseorang dalam sebuah pesawat terbang atau kereta api, pastilah mereka akan berusaha membuka pembicaraan. Mereka selalu memperhatikan anak anak kecil penjual surat kabar pagi yang biasa lewat menjajakan dagangannya didepan mereka. Mereka juga mengenal nama anak anak tersebut, latar belakang kehidupan keluarga dan kehidupan rekreasi anak anak tersebut pada waktu libur.

Dokter Stefen Barett seorang psikiatris dari Pennsylvania, menyatakan bahwa orang orang yang bernasib mujur bukan hanya memiliki kepandaian kusus untuk membina hubungan yang ramah melainkan mereka memiliki daya magnit tertentu yang menjadikan diri mereka suatu target dengan cara pendekatan yang ramah terhadap orang lain. Barett menyebut orang orang ini sebagai “ ladang komunikasi”. Ia percaya bahwa ekpresi wajah, posisi tubuh nada suara pilihan kata kata, cara orang ini menggunakan mata membentuk ladang komunikasi yang dapat dilihat orang lain.

secara naluriah biasanya kita dapat merasakan dan mengetahui bahwa seseorang menyukai kita atau tidak” katanya. Seringkali kita menjumpai seseorang yang sama sekali asing bagi kita, dan dalam beberapa detik saja kita akan dapat merasakan ingin tidaknya orang tersebut meluangkan waktunya bersama kita. Dalam hal ini orang yang mujur mengkomunikasikan isyarat isyarat yang mengundang dan sangat menyenangkan.

Semakin besar kontak jaringan anda, akan semakin besar kemungkinan apa yang anda miliki untuk meraih kesempatan emas. Actor Kirk Douglass misalnya memulai karir pertamanya atas jasa baik seorang aktris yang cukup terkenal Laurent Baccal. Laurent adalah salah seorang yang telah lama berkawan dengan Douglas yang ramah. Dengan banyak berteman Douglas telah meningkatkan kesempatanya menuju keberhasilan hidup.

Disamping itu firasat jangan disepelekan. Karena firasat adalah suatu kesimpulan yang didasarkan atas fakta fakta yang secara tepat diamati , disimpan , dan diproses dalam pikiran pikiran kita. Firasat firasat tersebut merupakan fakta yang tidak kita kenali secara sadar karena tersimpan dengan rapi dalam tingkat alam bawah sadar kita.

Seorang pemilik hotel Conrad Hilton meraih suksesnya dengan sangat besar, sebagian besar karena ia memiliki ketrampilan berfirasat yang telah diasyahnya dengan baik sejak muda. Hilton pernah mencoba membeli sebuah hotel tua di Chicago. Pemilik hotel tua itu akan menjual hotelnya pada penawar yang tertinggi dalam suatu lelang. Semua tawaran yang dimasukkan dalam amplop amplop tertutup akan terbuka secara bersama sama pada jam dan tanggal tertentu dan beberapa hari sebelum tanggal penutupan lelang tersebut Hilton memasukkan penawarannya sebesar 165 000 dollar, malam itu Hilton sangat gelisah dan tidak dapat tidur pikirannya tidak tenang dan ia sering terbangun karena firasatnya mengatakan bahwa penawarannya tidak akan berhasil.

Rasanya penawaran saya tidak akan berhasil katanya kemudian menyadari intuisi aneh yang sedang muncul dalam pikirannya Hilton yang sangat berambisi membeli hotel tersebut segera mengajukan penawaran lain sebesar 180.000 dollar ternyata setelah diumumkan penawaran yang diajukan oleh Hilton merupan penawaran tertinggi sedangkan penawaran lain dibawah penawaran Hilton adalah 179.000 dollar jadi dapat dipastikan Hilton yang berhasil membeli hotel tersebut. Firasat Hilton tentu dari segudang pengalaman yang telah tertanam dengan kuat dalam pikirannya. Semenjak membeli hotelnya yang pertama sebagai seorang pebisnis muda di Texas telah mengumpulkan banyak pengetahuan dari segala sumber tentang kehidupan bisnis. Dan dalam penawaran hotel tersebut tentu Hilton telah mengetahui penawar penawar lainnya. Ia tahu tanpa mengungkapkannya secara spesifik. Ketika pikiran pikiran alam sadarnya telah mengumpulkan sejumlah data yang telah diketahuinya hati kecilnya masih membongkar bongkar gudang pikiran untuk mencari fakta lain dan menyimpulakan bahwa penawaran yang diajukannya terlalu rendah. Ia lalu mempercayai firasatnya tersebut dan firasatnya benar benar tidak mengecewakan.

Bilamana kita bisa mempercayai firasat kita ? seorang ahli firasat yang berhasil, seorang pensiunan pialang saham mengatakan “ saya bertanya Tanya pada diri sendiri mungkinkah saya telah mengumpulkan data tentang situasi ini tanpa menyadarinya ? sudahkan saya mencatat berbagai hal yang dapat saya lakukan sehubungan dengan situasi ini ? bila jawabanya adalah ya dan bila firasat tersebut terasa kuat saya cenderung untuk mengikutinya. “. Dua hal yang harus diingat :

  1. Jangan pernah menganggap firasat tentang apapun juga sebagai semcam lotre undian atau mesin judi . firasat tersebut sama sekali tidak mungkin bersumber dari kolam kolam kenyataan yang tersembunyi dalam diri kita, karena tidak ada fakta.
  2. jangan kacaukan firasat dengan harapan , kebanyakan firasat yang buruk semata mata merupakan harapan harapan tersamar.

Biasanya orang orang yang beruntung dalam hidupya adalah orang yang memiliki keberanian dan mereka yang paling penakut biasanya menjadi orang yang paling tidak beruntung. Keberuntungan mungkin menciptakan keberanian dan sebaliknya keberanian juga membantu menciptakan keberuntungan.

Untuk dapat bertindak dengan berani ikutilah aturan berikut :

  1. siaplah untuk menempuh jalan yang berbelok belok, untuk melompat menuju arah yang baru bila kesempatan emas menanti didepan anda.
  2. kenalilan perbedaan antara tindakan yang berani dan tindakan yang gegabah.bila anda mepertaruhkan hidup anda pada suatu spekulasi yang luar biasa sebagai landasan dan kemudian ternyata anda kehilangan sesuatu, itu namanya gegabah.

Bila anda bersedia menerima suatu tawaran kerja baru yang penuh tantangan meskipun anda dipenuhi kehawatiran kalau kalau anda terpereset ke jurang ketidak tahuan, itu yang disebut berani.

Paul gatty seorang milyuner dan seorang yang sangat beruntung telah menempuh jalan yang berliku liku sepanjang masa mudanya. Dia masuk ke perguruan tinggi karena mula mula berfikir menjadi seorang penulis. Lalu ia memutuskan bahwa ia ingin memasuki dunia diplomatic tetapi setelah lulus sarjana ternyata ia tertarik pada bidang usaha minyak karena saat itu terjadi oil bom di oklahuma padahal sebelumnya tidak pernah bisnis minyak terlintas dalam pikirannya. Ayahnya memang menjadi kaya raya karena bisnis minyak. Dia lalu memutuskan untuk menunda karir diplomatiknya selama setahun dan mencoba mengadu nasib dalam bisnis minyak.

Orang yang beruntung adalah orang yang berhasil menyingkirkan nasib buruk sebelum nasib tersebut menjadi lebih buruk lagi. Hal ini seolah merupakan taktik yang sederhana namun banyak orang terutama yang bernasib tidak mujur nampaknya tidak pernah menguasai taktik tersebut.

Hampir selalu ada saat untuk memulai setiap kegiatan dalam mencapai keberhasilan yang diharapkan akan membawa kerugian yang sangat kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Namun hal tersebut mungkin akan berlalu dengan sangat cepat setelah waktu tersebut berlalu maka anda akan sadar bahwa kesempatan tersebut telah datang namun anda tidak dapat berbuat apa apa karena semua telah berlalu.

Kebanyakan orang yang beruntung dalam hidupnya sangat waspada dalam menjaga pesimisme, menjaganya terhadap serangan, melatihnya setiap hari agar pesimesme ini tetap bisa dikendalikan sehingga nantinya akan timbul suatu optimesme.

Kunci sukses dalam Menjual

Keberhasilan dalam menjual diri anda sendiri tidak hanya diperoleh dengan menunggu, merenung, dan mengharap keajaiban datang tiba tiba, seperti anda melamar pekerjaan namun hanya anda bayangkan lamaran itu, maka sampai kapanpun orang atau perusahaan tidak tahu bila anda membutuhkan pekerjaan. Keberhasilan adalah sesuatu yang wajib harus diusahakan dan diupayakan agar datang dan dinikmati, tetapi tidak mungkin datang jika kita hanya duduk dan berdoa tanpa melakukan kegiatan apa yang kita inginkan.

Ada banyak buku tentang cerita seseorang yang berhasil dan sukses luar biasa yang sebelumnya mereka harus menjalani hidup penuh derita tantangan, ketidakpedulian serta ketidak cukupan bahkan hidup dalam kemelaratan. Harus diingat bahwa orang yang berpendidikan tinggi tidak menjamin selau berhasil dalam bertindak dan orang berpendidikan rendah akan selalu gagal. Lihatlah dalam lingkungan sekitar anda, orang orang yang berjualan baik dikampung maupun di pasar pasar mereka pikiranya selalu focus untuk mengembangkan usahanya dan lama kelamaan usaha mereka berkembang terus bandingkan dengan orang yang hanya mengeluh dan duduk duduk saja. Dalam meraih kesuksesan memang memiliki jalan yang berliku. Namun mereka tetap tegar, tetap yakin akan sesuatu perubahan, akan suatu keberhasilan dalam hidupnya bagi mereka tidak ada keadaan miskin, atau melarat dan mereka selalu terus mencoba,dan mencoba sampai dapat, bukan mencoba sebisanya.karena mereka miskin yakin menjual bukan cuma sekedar karena ada satu dua orang yang membeli tetapi menjual merupakan panggilan, sebuah panggilan suci yang merupakan sebuah proses ibadah dalam bentuk lain dalam dunia bisnis.

Bagi mereka menjual seperti berdoa dan membantu orang lain, bersedekah, berkata jujur, tidak mencari kelemahan seseorang. Menjual benar benar dimaknai bagai suatu sarana yang bisa menuntun seseorang untuk lebih dekat dengan sang pencipta.

Dalam pikiran anda, anda harus memliki jiwa melayani namun dalam hal ini melayani bukan berarti mencari muka, jual muka agar orang lain bisa menerima kita.

Sebagian dari kita gagal menjual karena kita terlalu egois sangat berhasrat untuk segera menutup penjualan tanpa melihat situasi dan kondisi hal ini akan mengakibatkan sebagian besar calon pembeli kita merasa tersinggung, karena kita dinilai sebagai orang yang hanya mau duitnya saja.

Seorang penjual yang sukses berarti mereka yang disukai oleh calon pembelinya, boleh jadi adalah mereka yang menonjolkan sikap ramahnya, kebaikannya, sikap menolong dan melayani yang mereka cari bukan mereka yang bersikap menuntut memaksa, mencoba langsung menutup transaksi penjualannya demi komisi.

Seprang penjual yang sukses adalah mereka yang rela berkorban demi kepuasan pelangganya mereka rela berdiri, mereka rela menomorduakan diri mereka dalam situasi apapun.

Sebagian besar penjual tidak rela jika berkorban meskipun hanya keluar uang Rp. 5.000,- untuk membeli sebuah balon untuk diberikan kepada si anak calon pembeli yang belum membeli produknya juga sering diketahui seorang penjual enggan memberikan segelas minuman kepada calon pembeli yang belum benar benar ingin membeli dan deal dengan bisnis mereka.

Mereka lupa pekerjaan menjual bukanlah sebuah pekerjaan yang berarti “ ada duit ada barang “. Pekerjaan menjual jauh melebihi dari hanya sekedar ungkapan sepele seperti itu. Menjual berarti membantu mau berkorban dulu mau bersusah payah dulu, mau membuat calon pembeli senang, suka, yang akhirnya percaya kepada kita. Jadi sikap yang baik kalau kita ingin menjadi penjual sukses berarti memberikan sesuatu apa itu senyum, menyampaikan kata kata yang baik dan sopan, mempersilahkan kepada calon pembeli untuk melihat lihat dulu, mecicipi, sampai memberi minuman gratis mulailah sekarang untuk berfikir lebih dari sekedar jual barang asal laku namun berfikirlah calon pembeli kita juga manusia seperti kita juga. Maka berikan yang lebih dari yang diwajibkan.

Jika kita menjaul karena gaji, komisi, bonus dan hadiah hadiah yang dijanjikan oleh perusahaan maka kita akan cepat capek dan cepat putus asa karena kita menjual boleh jadi karena hanya mengejar uang receh yang ada dihadapan kita.

Menjual merupakan sebuah proses long life learning yang tidak terbatas, orang yang berhenti menjual berarti berhenti hidup.

Kita semua ditakdirkan sebagai marketer apapun profesi dan pekerjaan kita. Jika kita sebagai tukang cat pemilik rumah akan mencari tukang yang bagus. Jika kita sopr taksi kita harus berlaku baik dan sopan kepada setiap pelanggan. Jika kita dokter kita akan bekerja sesuai aturan kode etik pekerjaan dokter. Jika kita ibu rumah tangga bagaimana kita dapat mengatur rumah agar bersih dan rapi serta mendidik serta membesarkan anak anak. Semua hasil dari pekerjaan ini untuk dijual agar orang lain ikut senang dan puas.

Ciptakan Pribadi yang professional

Orang yang ingin sukses berarti dia harus memiliki kemampuan bagaimana mencari peluang baru. Jadi disini dibutuhkan pribadi yang tidak hanya pandai menerima menunggu, tetapi pribadi yang juga pandai mencari, melihat sesuatu yang memungkinkan menjadi sebuah peluang yang positif. Misalnya dengan mengunjungi pameran pameran bisnis bergengsi di Jakarta, anda bisa mendapatkan catalog kartu nama yang bersiikan data data nomor telpon, posisi, dan lain sebagainya. Dengan cara seperti ini anda bisa mengolah data tersebut untuk anda hubungi yang dipakai sebagai suspek dan memungkinkan bisa jadi sebagai prospek yang potensial yang akhirnya menjadi pelanggan anda yang setia.

Sebelum melakukan penjualan kenali dahulu apa yang ingin anda capai, lakukan persiapan yang perlu meskipun tidak harus sempurna. Mengapa demikian jika anda focus hanya pada persiapan saya kwawatir kecepatan anda dalam bekerja akan terhambat hanya karena sebuah persiapan. Mulailah meskipun anda belum benar benar siap sekarang ini memang masih dipercaya kwalitas itu nomor satu tetapi dalam dunia yang serba instant ini kecepatan lebih penting dari pada kwalitas. Akan tetapi bukan berarti kwalitas tidak perlu.

Menjual dibutuhkan sebuah citra diri selain produk yang bermutu, seringkali terjadi seorang pembeli bukan menolak apa yang anda tawarkan tetapi dia menolak karena kwalitas pribadi yang dipertanyakan. Bisa jadi dalam pikirannya dia menilai apa yang kita sampaikan, pakaian yang kita kenakan, cara kita menyampaikan pertanyaan dan lain lain bahasa verbal. Atau non verbal kita yang menurut dia kurang berkenan dihati mereka. Jadi jaga selalu penampilan komunikasi kita dengan calon pelanggan agar kita bukan termasuk pribadi yang mudah ditolak.

Menjual yang sukses hendaknya kita tidak boleh terlalu reaktif. Reaktif artinya, hendaknya kita bergerak jika ada yang memulai belajarlah menjadi pribadi yang lebih proaktif maksudnya milikilah kepekaan terhadap orang lain apa yang akan diinginkan pelanggan, calon pembeli. Kontak terlebih dahulu jangan hanya menunggu. Sering kali nasib baik kadang harus kita yang memulai terlebih dahulu, bukan dari orang lain tetapi dari diri sendiri.

Mengenal karakter pikiran dan temperamen

Titak banyak ahli pemasaran yang membahas mengenai bagaimana menjual dengan cara mengenali karakter dan pikiran mitra kita. Ilmu pemasaran lebih sering membahas konsep strategi pemasaran secara umum seperti 4P yaitu product, price, place, dan promotion yang sering disebut sebagai marketing mix. Sedangkan menjual diartikan sebagai bentuk kegiatan menstransfer produk yang berasal dari perusahaan ke konsumen yang sangat dipengaruhi oleh 4P selain itu orang memandang bahwa kegiatan menjual itu termasuk dalam suatu ilmu dan seni salesmanship yaitu ilmu menjual yang sangat tua umurnya dan baru dikembangkan pada abad ke 19. Orang yang pertama kali merintis salesmanship adalah John Wanamaker 1865 di Amerika Serikat ia sangat terkenal dengan service principle pelayan dan kualitas mutu yang terbaik, yang pada akhirnya menyebabkan penjualan anda semakin meningkat kemudian pada tahun 1894 seorang tokoh bernama Arthur Eseldon mengembangkan service principle dengan personal selling dan science of salesmanship.

Sementara ilmu menjual dengan mengenali karakter konsumen merupakan gabungan ilmu menjual dengan ilmu psikologi yang sampai sekarang belum diketahui siapa pencetusnya. Tetapi itu bukan hal yang pokok yang penting adalah menguasai ilmu menjual dengan mengenali karakter pikiran konsumen untuk menghadapi persaingan yang semakin meningkat saat ini. Saat ini ada kecenderungan penjualan yang bersifat individual yaitu secara person to person to customer, salesman to end user, produsen to end user atau yang paling ekstrem adalah end user to end to user. Jika kita amati akhir akhir ini perusahaan besar seperti unilever dan P & G begitu menggebu dalam membangun sales force mengapa produsen tidak mau menggunakan produk produk lamanya sebagai produk unggulan melainkan selalu melakukan diversifikasi produk mengapa produsen sudah tidak lagi mengandalkan sebuah lembaga perantara besar seperti system ke agenan tetapi lebih suka melayani konsumennya sampai pada tingkat retailer bahkan sampai ke konsumen pemakai langsung.

Jawaban tersebut diatas sangat beragam. Banyak perusahaan mendirikan factory outlet yang dibuka dengan tujuan agar produk yang dijual bisa langsung ke konsumen, juga banyak perusahaan yang menjual produknya dengan system Multi Level Marketing hal ini bertujuan produk langsung dinikmati konsumen dan perusahaan menganggap konsumen adalah mitra perusahaan. Dengan demikian konsumen akan semakin bingung karena persaingan sudah tidak normal lagi. Dulu produsen cukup mengangkat agen sebagai tulang punggung dalam mendistribusikan produknya, tetapi kini perusahaan juga menggunakan salesman untuk melayani lembaga perantara diluar agen seperti kalangan retailer, maupun konsumen langsung. Teknik yang digunakan bisa dengan cara network marketing, telemarketing,member marketing atau end user to end user marketing. Dan yang terakhir dan paling popular adalah factory outlet, sebagai wujud dan keinginan produsen utnk melayani konsumen dari dekat, disamping ingin merebut market share yang sudah dimasuki oleh produsen lain sayangnya produk yang dijual sebatas produk garmen. Dan fungsi outlet sebagai gerai yang menjual produk dari produsen tertentu sudah lenyap digantikan oleh factory outlet yang dikuasai oleh pedagang perantara. Dan alam MLM juga sering dijumpai adanya stokes yang menjual produk produknya diberbagai tempat dan hal ini bertujuan untuk menjual langsung pada konsumen.

Seorang produsen selanjutnya tidak lagi mengandalkan jaringan distribusi konvensionalnya, atau mengandalkan penyalur dibawahnya untuk melemparkan produknya ke konsumen pemakai tetapi produsen melayani sendiri konsumen pemakai itu melalui outlet outlet yang dibukanya. Tugas menjual bukan saja dilakukan oleh seorang penjual, tetapi pengguna langsungpun dapat menjual produk produknya misalnya distributor MLM. Oleh sebab itu seorang pengguna tidak berhenti sebagai pengguna produk tetapi juga menjual ke konsumen langsung yang lain. Strategi ini adalah suatu bentuk atau cara untuk meningkatkan omzet penjualan.

Karena itulah perusahaan raksasa unilever dan P & G membangun sales force yang besar konon di AS pada tahun 2001 anggaran pelatihan karyawan mencapai lebih dari $66 milyar, 12 % diantaranya adalah untuk pelatihan dibidang pemasaran dan penjualan.( Marketing, 12/1/9,Juli 01 Agustus 2001 ) menurut Brandon Hall pakar dan peneliti pemasaran pelatihan tidak sekedar memberikan motivasi dan kekuatan dalam presentasi, melainkan dengan pelatihan seorang penjual memiliki bekal dalam memecahkan masalah yang ditemui dilapangan.

Dalam ilmu psikologi, watak oleh orang Belanda disebut karakter dimana kata karakter itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Charassein. Yang mula mula berarti coretan atau goresan. Selanjutnya berarti stampel atau gambaran yang ditinggalkan oleh stampel itu.Jadi, disini kita akan menganggap bahwa tingkah laku manusia adalah pencerminan dari seluruh pribadinya, dan secara sepintas menunjukkan wataknya.

Karakter adalah salah satu ciri dari makluk social, tentu saja manusia adalah makluk social. Jika tidak , ia pasti bukan manusia seutuhnya. Ingatkan anda tentang Tarzan ? manusia yang dibesarkan oleh binatang. Bagaimana perilakunya ? tentu saja akan mengadaptasi perilaku binatang yang mengasuhnya, yang pasti jauh dari perilaku manusia dalam lingkungan normal. Dengan demikian, Tarzan tidaklah bisa disebut sebagai manusia.

Ketika ia ditemukan manusia lain tarzan sadar lambat laun tarzan menemukan jati dirinya, bahwa ia manusia dan bukan binatang. Setelah berinteraksi dengan lingkungan manusia ia dapat berubah menjadi manusia dan bukan lagi binatang.

Analisanya, manusia akan kehilangan kemanusiaanya kalau ia berada dilingkungan bukan manusia karena itu manusia harus berada didalam pergaulan antar manusia dan didalam pergaulan ini manusia harus menjaga norma norma yang dijunjungnya. Manusia harus saling mengenal satu sama lain.

Mengenali orang lain adalah kata kunci bagaimana orang lain bisa menjual dengan ajaib. Mengenali berarti anda mengetahui karakter orang tersebut. Karakter juga bisa ditafsirkan dari warna kesukaan, hobi bahkan perabot rumah tangga yang dimiliki hal ini karena karakter berhubungan dengan kepribadian dan tingkah laku seseorang yang dipengaruhi bakat, pendidikan, pengalaman serta lingkungannya. Lingkungan sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter. Oleh karena itu karakter bisa berubah sesuai lingkungan. Karakter juga bisa diperbaiki, dipengaruhi dan ditingkatkan. Karakter bisa didik sesuai gambar pemiliknya namun demikian banyak orang belum tahu dan belum menyadari bahwa sebenarnya karakter bisa dibentuk dan dilatih.

Agar senantiasa kita selalu berkarakter yang baik meditasi adalah tindakan yang paling tepat. Meditasi adalah salah satu cara menjernihkan pikiran. Ini selalu dilakukan oleh Gede Prana, ia menggunakan suara tetesan dan gemercik air untuk menuju kejernihan pikiran, pada dasarnya dapat dilatih dan dikelola.

Pikiran, bisa juga dimatikan. Pikiran dapat mati karena factor internal ( dalam diri sendiri ) seperti kekurangan oksigen karena penyakit, atau racun dari makanan. Atau factor ekternal seperti dampak kemajuan teknologi, pornohrafi, atau kejadian yang mencekam.

Mengapa factor ekternal seperti televise dapat mematikan pikiran ? ini karena acara televise sedemikian menariknya sehingga membuat orang terlena. Ambil contoh telenovela yang telah membius banyak orang sehingga merasa saying untuk melewatkannya. Kelihatannya sepele, tetapi ini ternyata menguras energi dan menyita seluruh pikiran.

Faktor pembunuh pikiran internal, misalnya alcohol, kafein, nikotin atau narkoba. Narkoba merusak badan dan pikiran seseorang. Mungkin anda pernah baca korban narkoba tidak bisa lagi berpikir sehat. Narkoba telah merusak pikiran sampai tingkat kesadaran tak jarang seorang korban narkoba lepas control menjadi penyerang atau pencuri, karena pikirannya sudah mati.

Pikiran juga dapat didekte melalui indra perasa anda dan saya ternyata tak merasa bahwa aktivitas menggosok gigi di pagi hari dan malam hari suatu bentuk mendekte pikiran. Menggosok gigi yang telah dilakukan berkali kali ini sudah tidak lagi memunculkan sensasi disbanding dengan anak bayi anda, ketika pertama kali menggosok gigi. Bagi anda, tidak perlu lagi penghayatan ketika melakukannya. Pada hal untuk mendekte pikiran diperlukan penghayatan. Penghayatan berarti juga memusatkan perhatian sepenuhnya. Anda harus berusaha keras untuk mendekte pikiran dengan cara terlibat seutuhnya pada apa yang anda lakukan saat itu.misalnya, ketika sedang menjual maka pikiran anda juga harus berfokus pada kegiatan menjual, menjual dan terus menjual.

Jika karakter bisa dibentuk maka temperamen sangatlah berbeda. Temperamen tidak bisa dibentuk, karena melekat dalam tubuh dan jiwa seseorang. Temperamen merupakan pembawaan dari lahir sehingga tidak dapat dirubah dalam ilmu psikologi temperamen berasal dari kata “ temper “ yang berarti campuran. Temperamen adalah sifat seseorang yang disebabkan perpaduan berbagai hal dalam tubuh seseorang yang mempengaruhi tingkah laku orang tersebut,

Temperamen dibagi dalam beberapa tipologi menurut Galenus Heymans dan Spranger. Disini hanya akan dibahas tipologi Galenus karena mudah dipraktekan selain itu, dalam kehidupan sehari hari tipologi Galenus ini sedikit sekali menyimpang saya sendiri sejak awal menjadi penjual selalu berpedoman pada tipologi ini dalam menganalisa temperamen untuk memudahkan berhubungan.

Ada beberapa temperamen menurut Galenus. Ia membagi temperamen berdasarkan cairan dominant yang berada dalam tubuh seseorang.

Pertama, temperamen seseorang yang tubuhnya didominasi oleh darah disebut dengan temperamen Sang Uieisi. Orang orang tipe ini memiliki sifat lincah selalu riang optimis mudah tersenyum dan sebagainya.

Kedua temperamen yang tubuhnya didominasi empedu kuning disebut dengan temperamen Choleris. Sifat orang yang memiliki empedu kuning berlebihan adalah garang, lekas marah, mudah tersinggung dan sebagainya.

Ketiga. Temperamen seseorang yang tubuhnya didominasi empedu hitam disebut memiliki temperamen melan cholerisi. Orang yang demikian sering memiliki sifat takut, muram, pesimis, selalu kawatir.

Keempat . temperamen seseorang dengan dominasi lendir didalam tubuhnya disebut memiliki temperamen Flegmatis. Orang temperamen demikian akanm memiliki sifat tenang, bersikap dingin sabar dan sebagainya.

Sebelum mengenali watak dan pikiran orang lain sebaiknya anda berusaha untuk mengenali watak dan pikiran anda sendiri. Kadang dari orang lain anda bisa mengetahui watak yang mungkin tidak pernah dibayangkan sebelumnya karena anda menganggap watak itu tidak ada dalam diri anda. Misalnya anda menganggap diri anda penyabar dan selalu berfikir positif. Tetapi orang lain berkata bahwa anda pemarah dan berfikir negative. Tidak ada salahnya anda merefleksikan kebenarannya. Suatau saat anda mengatakan tidak bisa melakukan sesuatu seperti orang lain tetapi, ternyata anda mampu melakukannya berarti penilaian anda terhadap diri sendiri keliru.

Orang orang sukses selalu mendorong dirinya terus menerus dan berdisiplin dalam mengejar keinginannya. Pernyataan ini persis sama dengan apa yang dituturkan oleh Charles Schriber dalam bukunya “ Live and be free thru psychocybernetics bahwa masa depan seseorang akan ditentukan nilai nilai pribadinya ( personal qualities ). Sebesar 85 % dan hanya 15 % ditentukan oleh nilai nilai teknis kejuruan. Ini berarti factor factor yang berada dalam diri seseoranglah yang dapat mendorong kesuksesan seseorang, lebih besar dibanding factor lain yang berada diluar dirinya.

Dengan mengenal watak dan pikiran anda maka anda dapat menonjolkan kelebihan anda, ini akan membedakan anda dari orang lain, tetapi ini bukan berarti anda meniru orang lain dengan demikian, anda akan tampak memiliki sebuah kekuatan yang tidak dapat ditandingi oleh orang lain.

Kesimpulan

Orang orang yang ingin sukses tidak boleh menghindar dari menjual karena setiap langkah yang kita kerjakan adalah bagian dari menjual.

Orang orang yang sukses adalah orang yang bisa bergaul dengan siapa saja, selalu ramah, murah senyum dan selalu berpikir positif.

Berpikir positif berarti kita dalam bergaul harus selalu jernih dalam menerima segala informasi dan kita dituntut untuk menghilangkan rasa benci, jengkel, marah kepada siapapun. Dengan demikian segala langkah yang kita lakukan senantiasa dalam keadaan yang menyenangkan. Dalam berbicara harus sopan penuh keceriaan dan ciptakan raut muka anda selalu berseri. Dan bila perlu ciptakan pembicaraan yang mengarah pada masa depan.

Hal yang sangat penting lainnya adalah menghargai orang lain baik dalam pembicaraan yang negative ataupun yang positif walaupun mereka mengkritik kita. Mengkritik adalah sesuatu yang positif bagi kita. Kita harus mencoba memahami bahwa kekurangan pada diri kita yang lebih mengetahui adalah orang lain.

Anda harus bisa menjual diri anda sendiri, ciptakan terus bahwa orang lain tahu mengenai kemampuan anda dan kemampuan seseorang juga bisa dituangkan dalam lampiran daftar riwayat hidup saat membuat surat lamaran kerja ke suatu perusahaan. Saat ini dalam menulis lamaran pekerjaan bisa menggunakan computer sehingga orang lain yang membaca cukup senang karena akan terlihat rapi dan dalam lamaran tersebut harus dituangkan apa kelebihan kita termasuk pengalaman maupun keahlian. Hal ini sebenarnya sudah memberikan point tersendiri kepada pihak lain yang membutuhkan kita.

Menjual adalah pekerjaan yang sangat mudah dan yang sulit adalah pekerjaan membeli, menjual bukan pekerjaan yang hina namun pekerjaan yang dapat disejajarkan dengan profesi lain dan jika ingin kaya harus melakukan penjualan. Banyak orang sukses karena menjual, walaupun mereka banyak yang tidak sampai mengenyam pendidikan tinggi apalagi yang bergelar S2.

Menjual adalah pekerjaan mudah dan setiap hari kita melakukan penjualan. Menjual adalah pekerjaan yang menyenangkan karena bisa memenuhi kebutuhan orang lain dan orang lain merasa senang. Menjual merupakan pekerjaan saling membantu informasi antara satu sama lain. Ingat bahwa kita diajari menjual sejak kecil sehingga apa yang kita lakukan sebenarnya adalah bagian dari menjual.

Jika ingin sukses hendaknya kita berkumpul dengan orang orang yang sukses, bila ingin menjadi pengusaha harus berkumpul dengan pengusaha, bila ingin jadi guru atau dosen hendaknya berkecimpung dalam dunia pendidikan. Lingkungan adalah sesuatu yang sangat kuat pengaruhnya terhadap pribadi kita oleh karena itu pandai dalam bergaul dan pandai memilih lingkungan. Bergaulah dengan lingkungan yang positif bagi diri anda dan lingkungan itu sangat membantu kesuksesan seseorang.

 

 

Author: nurtjahja

private teacher regardless if undertaken with patience and perseverance, and faith is the key to success in any field

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s